Saturday, July 25, 2015

Pembangkit Tenaga Nuklir Amankah!

Posted at  Saturday, July 25, 2015  |  in  Catatanku

Apakah Nuklir itu aman? Tidak!
Apakah Batubara itu aman? Tidak!

Tapi setidaknya batubara jauh lebih tidak beresiko dari pada nuklir. Mungkin itu jawaban sebagian besar orang mengenai dua bahan bakar untuk pembangkit listrik. Tapi coba di cek lagi dampak kerusakan lingkungan yang di terajdi oleh keduanya, mana yang lebih parah.

Di Jepang boleh, di rusia boleh, kenapa di indonesia nggak boleh. Apakah di Indonesia nggak ada yang bisa bikin? Salah! Justru badan dunia yang ngurusin masalah nuklir IAEA sudah memberi signal kalau sumber daya manusia indonesia itu sudah mumpuni. Tapi yang jadi persoalan kenapa sampai sekarang belum juga ada pembahasan pembangunan PLTN di Indonesia. Kenapa malah sekarang yang di pikirin bikin pembangunan jalan terus, nanti kalau perekonomian maju tapi nggak punya listrik yang mumpuni itu juga sama aja bohong. Kalau membangum itu jangan cuma dari satu sektor tapi semuanya harus dipikirin. Rencana pembuatan pembangkit 35000MW yang sedang di canangkan oleh pemerintah juga, menurut aku masih dari cukup. Karena itu belum bisa mencakup semua daerah di indonesia. Kasihan saudara-saudara kita yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Papua yang setiap hari dalam kegelapan. Ya enak kalau di Jakarta, mati lampu satu jam Dirut PLN bisa langsung di demo. Lah kalau yang di Sulwesi sana, mau lapaor sama siapa?

Semakin lama batubara kita bakalan habis, gas kita juga bakalan habis, solar kita habis juga, BBM kita semuanya habis. Mau pake apa pembangkit kita nanti di nyalainnya. Ayolah mulai dari sekarang harusnya sudah mulai ada titik terang bagaimana cara menerangi indonesia biar lebih terang dengan cara yang lebih efesien. Uranium di indonesia banyak banget 1000 tahun di pake buat pembangkit dengan kapasitas paling oke, paling besar yang bisa mengaliri listrik satu pulau besar (cont. Kalimantan) juga nggak bakal habis.

Nggak usah takut dengan dampaknya, tapi bagaimana mafaatnya yang lebih besar untuk kemaslahatan umat manusia. Kalau emang serius mau bikin rakyat indonesia sejahtera dan bisa merasakan pembangunan dengan merata, pemerintah harusnya sudha mengambil langkah-langkah ekstrim untuk itu semua. Tapi ya tinggal tunggu ajah sampai kapan indonesia gelap gulita.

#gakjelas

Share this post

About @ridone_sia

Kwe mbok sing tes pada maca aja kur maca tok yah, mbokan pada ninggalna pesan lan kesanne apa, tes maca tulisanku. Dong ana sing muntah-muntah aku ora pan melu tanggung jawab, soale aku ora krasa metengi koe. Tapi dong sing mutah lanang ndeyan kwe masuk angin. tek sarana kerokan nggo duit satus sing jaman gemiyen. yen seneng/cinta/apa pengin kenalan tulung kyeh pada follow mene maring Twitter

0 comments:

Tentangku-Kebijakan-Kontak
Copyright © 2010 Ridonesia.com. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top