Saturday, July 25, 2015

Ustadz Medsos Belum Tau Banyak dan Kagetan

Posted at  Saturday, July 25, 2015  |  in  Catatanku

Sekarang di media social jadi banyak banget ustadz sama kiai dadakan yah. Kayaknya semua yang dilakukan sama orang itu salah. Ini salah itu salah, ini dosa itu dosa, itu kafir ini kharam, itu musrik ini sirik dan lain-lain. Pokoknya semua yang di lakukan sama orang yang tidak di sukainya itu salah. Nggak tau dari mana tuh pemikiran mereka itu, bisa jadi kayak gitu. Bisa seenaknya sendiri menghukum orang.

Tapi itu semua nggak pernah gitu gwe lihat status yang memberikan kesejukan di jiwa, seperti yang kadang ustadz/kiai berikan sama jamaahnya. Biar hidup ini semakin tenang damai, kita bisa berserah diri kepada Alloh. Beribadah dengan khusu' tanpa takut ini itu.

Setahu gwe islam itu rahmatan lilalamin. Bukan saling mencaci, menghina, bukan saling menyalahkan, bukan saling menyerang, bukan saling mendzolimi.

Buat ustadz dan para kiai baru di facebook, jangan jadi islam yang kagetan. Dalami ilmu lebih dalam, biar lebih tawadu'. Belum levelnya kalian ngomong ini itu yang cuma nyaplok kopi paste dari media yang belum tentu benar atau tidaknya, lihat dulu kredibilitas medianya. Dan telaah dengan baik setiap permasalahannya. Jangan langsung asal njeplak ajah, ngomong seenaknya. Pelajari ilmu agama lebih dalam, nanti kalian baru bisa memahami bagaimana islam itu sebenarnya.

Salah satu contoh pada ngomongin KH Quraish Shihab dengan kata-kata yang tidak sewajarnya. Lah kita mah apa atuh dengan beliau. Sudah berapa sih ilmu kita. Berapa banyak sih kitab yang sudah kita pelajari. Di bandingkan beliau mah kita nggak ada apa-apa, jauh banget. Makanya ayolah berpikir lebih positif, ambil hikmah dari setiap perjalanan hidup. Jangan jadi islam kagetan. Jangan mudah terbawa arus, mudah menelan ini itu yang belum tahu kebenaranya. Jangan cuma dari satu sumber yang sama belajar itu. Pelajarilah sumber lebih banyak biar kita lebih tahu banyak.

So menurut gwe jangan jadi kayak orang yang paling bener sendiri deh dengan ilmu cetek bisa menghukumi orang-orang seenaknya sendiri.

Share this post

About @ridone_sia

Kwe mbok sing tes pada maca aja kur maca tok yah, mbokan pada ninggalna pesan lan kesanne apa, tes maca tulisanku. Dong ana sing muntah-muntah aku ora pan melu tanggung jawab, soale aku ora krasa metengi koe. Tapi dong sing mutah lanang ndeyan kwe masuk angin. tek sarana kerokan nggo duit satus sing jaman gemiyen. yen seneng/cinta/apa pengin kenalan tulung kyeh pada follow mene maring Twitter

0 comments:

Tentangku-Kebijakan-Kontak
Copyright © 2010 Ridonesia.com. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top